PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MA Mathlaul Ulum Cimanuk Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Solihat, Dede (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MA Mathlaul Ulum Cimanuk Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Mengacu pada Silabus bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X MA, yaitu kompetensi menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengonstruksikan teks eksposisi. Tetapi, dalam kenyataannya di kelas X MA Mathlaul Ulum Cimanuk belum semua peserta didik mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan masalah dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Pair Checks meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengonstruksikan teks eksposisi pada peserta didik kelas X MA Mathlaul Ulum Cimanuk. Agar mencapai tujuan di atas, penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menerapkan teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian yang penulis lakukan sebanyak dua siklus, tahapannya yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, dan seterusnya sampai tercapai kualitas maupun hasil belajar yang diharapkan. Sesuai dengan hasil pengolahan data menggunakan perhitungan statistik, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan perolehan nilai KKB peserta didik. Pada siklus I (pengetahuan), hanya 11 (65%) peserta didik yang mencapai KKB, sedangkan pada siklus II seluruh peserta didik yang berjumlah 17 orang telah 100% mencapai KKB. Kemudian, pada siklus I (keterampilan), hanya 14 (82%) peserta didik yang mencapai KKB, sedangkan pada siklus II seluruh peserta didik yang berjumlah 17 orang telah 100% mencapai KKB. Berdasarkan perbandingan menggunakan Uji W pun diperoleh hasil W hitung (0) < W tabel (0,01) (23) untuk kedua data kompetensi tersebut, artinya model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengostruksikan teks eksposisi, sehingga rumusan masalah penelitian ini terjawab dan hipotesis tindakan pun diterima. Kata kunci: Menganalisis dan Mengonstruksikan, Teks Eksposisi, Model Pembelajaran Pair Checks

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:10
Last Modified: 20 Apr 2020 04:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item