BADI’AH, CAMELIA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DAN MENGONSTRUKSI SEBUAH CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Pesantren Cintawana Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (179kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text
11. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (433kB) |
|
Text
12. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (914kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
|
Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan mengonstruksi sebuah cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI pada kurikulum 2013 revisi. Kenyataannya masih banyak peserta didik belum mampu menguasai kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind map meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind map meningkatkan kemampuan mengonstruksi cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan mengontruksi sebuah cerita pendek yaitu metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan dan peningkatan proses dan hasil belajar. Siklus kesatu pada aspek pengetahuan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek, peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 (73%) orang dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 6 orang (27%). Pada aspek keterampilan mengonstruksi sebuah cerita pendek peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 orang (59%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 9 orang (41%). Siklus kedua baik aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik sudah mencapai KKM (100%). Untuk menyakinkan penulis, pada tahap pengolahan data melalui uji normalitas diketahui bahwa data yang diperoleh berdistribusi tidak normal sehingga pengolahan data dilanjutkan ke uji wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai w hitung = 0 < W daftar (0,01) = 49. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, model pembelajaran mind map dapat meningkatkan dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan mengonstruksi sebuah cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haryadi Haryadi |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 06:02 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 06:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/384 |
Actions (login required)
View Item |