ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PESERTA DIDIK

SOPIATIN, SOPIATIN (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK SOPIATIN. 2019. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditijau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan kemampuan representasi matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes karakteristik cara berpikir, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes karakteristik cara berpikir, tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis untuk peserta didik dengan tipe sekuensial konkret dapat disimpulkan bahwa peserta didik mampu memenuhi indikator representasi visual, mampu dalam memenuhi indikator representasi simbolik, dan juga mampu dalam memenuhi indikator kemampuan representasi kata-kata. Kemampuan representasi matematis tipe sekuensial abstrak mampu memenuhi indikator representasi visual, kurang mampu dalam memenuhi indikator representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan sudah mampu dalam memenuhi indikator kemampuan representasi kata-kata. Kemampuan representasi matematis tipe acak abstrak dapat disimpulkan bahwa peserta didik mampu memenuhi indikator representasi visual, mampu dalam memenuhi indikator representasi simbolik, dan juga mampu dalam memenuhi indikator kemampuan representasi kata-kata. Kemampuan representasi matematis tipe acak konkret dapat disimpulkan bahwa mampu dalam memenuhi indikator representasi simbolik, dan juga mampu dalam memenuhi indikator kemampuan representasi kata-kata, akan tetapi peserta didik tidak mampu memenuhi indikator representasi visual. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Karakteristik Cara Berpikir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:56
Last Modified: 04 Jan 2022 03:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item