PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Andini Sukmana, Ayu (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
(3) Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
(9) BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
(10) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
(11) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
(12) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
(13) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
(14) Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XI SMA/MA/SMK/MAK berdasarkan Kurikulum 2013 revisi. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, guru harus memberikan pembelajaran yang efektif, yaitu menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Learning Cycle meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus 1 pertemuan pertama dengan KD 3.2, 7 peserta didik (19%) belum mencapai KKM dan 29 peserta didik (81%) telah mencapai KKM, dan pertemuan kedua dengan KD 4.2, 8 peserta didik (22%) belum mencapai KKM dan 28 peserta didik (78%) telah mencapai KKM. Siklus II pertemuan pertama dengan KD 3.2, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM, dan pertemuan kedua dengan KD 4.2, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM dengan Kriterita Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 76. Perolehan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:13
Last Modified: 15 Aug 2019 04:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item