PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Awaludin, Ari (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester 2 SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
11. BAB 1 REAL.pdf

Download (203kB)
[img] Text
12. BAB 2 REAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
13. BAB 3 REAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
14. BAB 4 REAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
15. BAB 5 REAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dipelajari peserta didik adalah teks negosiasi. Secara tersurat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa menganalisis isi, struktur, kebahasaan dan mengonstruksikan teks negosiasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dalam menganalisis isi, struktur, kebahasaan dan mengonstruksikan teks negosiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah berupa observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pedoman observasi, pedoman wawancara, dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan rata-rata kemampuan menganalisis isi, struktur, kebahasaan dan mengonstruksikan teks negosiasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kemampuan menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi di kelas eksperimen sebesar 88,4 dan di kelas kontrol 78,6. Dengan demikian, terdapat perbedaan sebesar 9,8. Nilai rata-rata kemampuan mengonstruksikan teks negosiasi di kelas eksperimen sebesar 89,3 dan di kelas kontrol 77,6. Dengan demikian, terdapat perbedaan sebesar 11,7. Berdasarkan uji wilcoxon, nilai W (hitung) = 0 < W (tabel) (0,01) = 146,85. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis isi, struktur, kebahasaan dan mengonstruksikan teks negosiasi. Artinya, berarti hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haryadi Haryadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:05
Last Modified: 15 Aug 2019 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item