PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Handayani, Fitri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
(0) COVER SKRIPSI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
(1) LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
(2) BAB I,II,III.pdf

Download (837kB)
[img] Text
(5) BAB IV DAN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Handayani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Bahasa adalah alat komunikasi bagi setiap manusia yang digunakan untuk berinteraksi antara manusia dengan manusia lainnya. Dengan demikian, bahasa memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan sehingga bahasa menjadi salah satu hal yang perlu dipelajari lebih lanjut seperti bahasa Indonesia. Kurikulum 2013 menyajikan pembelajaran bahasa Indonesia yang berorientasi teks. Salah satu teks menurut kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik adalah teks ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengidentifikasi infomasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik tes. Populasi dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dan pengambilan sampel secara random sederhana yaitu mengambil kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data statistika, penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat memberikan pengaruh yang signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil skor rata-rata nilai pretest dan postest. Pada kemampuan mengidentifikasi informasi teks ulasan, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 59,2 dan postest sebesar 87,3, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 57,8 dan postest sebesar 74,5. Berikutnya pada kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 56,7 dan postest sebesar 81, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata pretest sebesar 60,2 dan postest sebesar 72,2. Pada tahap pengolahan data berdasarkan perhitungan gain ternormalisasi mengenai peningkatan kemampuan berdasarkan koefisien gain antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yakni 0,7 di kelas eksperimen sedangkan di kelas kontrol 0,4 terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi, sedangkan terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan di kelas eksperimen 0,6 dan di kelas kontrol 0,4. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang digunakan di kelas eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:20
Last Modified: 31 Dec 2021 03:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item