PENGARUH KEMASAN PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM OLAHAN MAKANAN DENGAN HARGA JUAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Binaan Inopak Institute di Kota Tasikmalaya)

Agustini, Sulistia (2020) PENGARUH KEMASAN PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM OLAHAN MAKANAN DENGAN HARGA JUAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Binaan Inopak Institute di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (642kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK Sulistia Agustini. 2020. Pengaruh Kemasan Produk terhadap Perkembangan UMKM Olahan Makanan dengan Harga Jual sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Binaan Inopak Institute di Kota Tasikmalaya): Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Kemasan produk yang sesuai standar industri bersifat penting karena memiliki fungsi untuk melindungi produk bahkan dapat meningkatkan perkembangan usaha terkait fungsi lain dari kemasan yang dapat meningkatkan nilai jual produk. Namun, berdasarkan observasi di beberapa UMKM binaan Inopak Institute terindikasi bahwa perkembangan usaha mereka tidak ada peningkatan meskipun sudah menggunakan kemasan produk yang sesuai dengan standar industri. Perkembangan usaha dapat diartikan sebagai hasil dari adanya upaya yang dilakukan untuk membuat suatu usaha menjadi berkembang. Indikator perkembangan usaha terdiri dari pertumbuhan penjualan, pertumbuhan tenaga kerja, pertumbuhan pendapatan, dan pertumbuhan pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antara kemasan produk terhadap harga jual, pengaruh langsung antara kemasan produk terhadap perkembangan usaha, pengaruh langsung antara harga jual terhadap perkembangan usaha, dan pengaruh tidak langsung antara kemasan produk terhadap perkembangan usaha melalui harga jual pada UMKM olahan makanan binaan Inopak Institute di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 39 UMKM dengan sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (sampel jenuh). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) kemasan produk berpengaruh langsung terhadap harga jual sebesar 0,036 atau 3,6%. 2) kemasan produk berpengaruh langsung terhadap perkembangan usaha sebesar 0,353 atau 35,3%. 3) harga jual berpengaruh langsung terhadap perkembangan usaha sebesar -0,049 atau -4,9%. 4) kemasan produk berpengaruh tidak langsung terhadap perkembangan usaha melalui harga jual sebesar -0,002 atau -0,2%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalahharga jual (Z) mampu memediasi variabel kemasan produk (X) terhadap perkembangan usaha (Y). Maka, hipotesis diterima. Kata Kunci: Kemasan Produk, Harga Jual, Perkembangan Usaha

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:28
Last Modified: 29 Dec 2021 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item