UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Baitulhikmah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 )

Rezeki, Fitri Sri (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Baitulhikmah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Fitri Sri Rezeki 162121065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Sri Rezeki. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Isi dan Kaidah Kebahasaan Serta Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Pembelajara Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas X Madrasah Aliyah Baitulhikmah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univaersitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas X. Meskipun kompetensi dasar tersebut harus dimiliki peserta didik kelas X, pada kennyataannya peserta diidk kelas X Madrasah Aliyah Baitulhikmah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 masih banyak peserta didik yang belum mampu mengananlisis dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model Think Talk Write meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Baitulhikmah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu metode sebagai upaya untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya berupa teknik observasi, teknik wawancara berupa angket, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, perubahan sikap ketika proses pembelajaran dan hasil pembelajaran dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hasil pembelajaran menganalisis teks laporan hasil observasi siklus kesatu yang belum mencapai KKB sebanyak 11 orang (34,4%), dan yang sudah mencapai KKB sebanyak 21 orang (65,6%). Hasil belajar mengonstruksi teks laporan hasil observasi siklus kesatu sebanyak 12 orang (37,5%) yang belum mencapai KKB, dan 20 orang (62,5%) yang sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua hasil belajar menganalisis serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi seluruh peserta didik sebanyak 32 orang (100%) sudah mencapai KKB dari standar KKB yaitu 75. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan terbukti. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menganalisis serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada peserta diidk kelas X Madrasah Aliyah Baitulhikmah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:28
Last Modified: 29 Dec 2021 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item