INVESTIGATING AN EFL STUDENT’S COGNITIVE ENGAGEMENT

NURSYADIAH, INDRI AYU (2019) INVESTIGATING AN EFL STUDENT’S COGNITIVE ENGAGEMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
INVESTIGATING AN EFL STUDENT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK INDRI AYU NURSYADIAH. 2019. “Investigating an EFL Student’s Cognitive Engagement”. English Education Department. Faculty of Educational Sciences and Teachers‟ Training (FKIP). Siliwangi University. Tasikmalaya. Cognitive engagement merupakan alat yang bagus untuk dimiliki oleh pembelajar untuk menentukan pencapaian pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pembelajaran para pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang terlibat secara kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan studi kasus sebagai desainnya. Penelitian ini melibatkan satu partisipan. Data penelitian ini diambil melalui wawancara. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisa tematik yang diadaptasi dari Braun & Clarke (2006). Temuan penelitian ini mengungkap empat tema yang muncul; empat tema yang muncul; pembelajaran otonom melalui TELL, kegiatan-kegiatan pembelajaran dikelas, kegiatan-kegiatan setelah waktu sekolah, dan aspek-aspek psikologi yang menjadi cara-cara siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. Kesimpulannya, untuk terlibat secara kognitif dalam sebuah proses pembelajaran, siswa harus memiliki strategi pembelajaran tertentu agar mereka dapat belajar dengan lebih baik. Siswa harus melakukan kegiatan-kegiatan yang menstimulasi kognitifnya untuk terlibat dalam proses pembelajaran tersebut. Perasaan-perasaannya terhadap proses tersebut harus positif untuk membuatnya terlibat secara kognitif dalam pembelajaran tersebut. Keywords : Cognitive engagement, EFL student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:26
Last Modified: 27 Dec 2021 07:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3744

Actions (login required)

View Item View Item