MARYAMAH, EMMYLIA (2017) ANALISIS KONTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA MELALUI PENYELESAIAN SOAL MATERI BILANGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER JADI.pdf Download (661kB) |
|
Text
bab 1 REVISI jadi.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB II revisi jadi.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
BAB IV revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
|
Text
BAB V (Repaired).pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK Emmylia Maryamah. 2017. ANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA MELALUI SOAL MATERI BILANGAN. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dengan mengekplorasi pengetahuan mereka dalam mengkonstruksi pengetahuan matematika yang telah di ketahui sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive sampling, Subjek penelitian terpilih tiga orang peserta didik dari kelas VIII peserta didik SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya setelah dilakukan eksplorasi.Proses konstruksi pengetahuan matematika peserta didik diungkap dengan menggunakan think alouds, ditunjang dengan hasil tes, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri yang merupakan soal tes tertulis berbentuk essay yang terdiri dari satu tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dari hasil analisis jawaban peserta didik dan transkip wawancara. Berdasarkan hasil analisis data tersebut di dapatkan peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka melalui penyelesaian soal dapat menyelesaikan dengan berberapa cara penyelesaian. Dari analisis terbukti bahwa peserta didik dapat menyelesaikan soal untuk mengetahui tingkat konstruksi pengetahuan matematika perserta didik melalui soal materi bilangan, peserta didik harus mengetahui berapa liter sisa bahan bakar dengan beberapa cara untuk menyelesaikan soal tersebut. Kebanyakan peserta didik terhambat dalam pengekplorasian penalaran mereka dalam mengkonstruksi pengetahuan matematika dari pengetahuan yang diketahui sebelumnya oleh peserta didik hingga kita dapat melihat temuan unik yang didapat oleh peserta didik. Kata kunci: proses konstruksi pengetahuan, menyelesaikan soal matematika, materi bilangan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:32 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 04:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3707 |
Actions (login required)
View Item |