PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Indriani, Septya Yola (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Septya Yola - 172121012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Septya Yola Indriani, 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Meringkas Isi Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 secara tersurat tertera bahwa salah satu kompetensi dasar yang harus peserta didik kelas VIII kuasai pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah Kompetensi Dasar 3.9 mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dan Kompetensi Dasar 4.9 meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2020/2021 yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data penelitian yaitu guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus ke-1 ke siklus ke-2. Hasil pembelajaran pada siklus ke-1 dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 20 orang (65%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 orang (35%), sedangkan pada siklus ke-2 semua peserta didik 31 orang (100%) telah mencapai KKM. Hasil pembelajaran pada siklus ke-1 dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 25 orang (80,64%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 6 orang (19,35%). sedangkan pada siklus ke-2 semua peserta didik sebanyak 31 orang (100%) telah mencapai KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Manonjaya untuk kelas VIII adalah 75. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Think Pair Share mampu meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Dec 2021 05:04
Last Modified: 24 Dec 2021 05:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item