Oktafiani, Mila (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi Mila Oktafiani 162121034.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Mila Oktafiani. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII. Meskipun demikian, dalam kenyataan di kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya, masih terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik wawancara, teknik tes dan teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu untuk KD mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 18 peserta didik (56%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 peserta didik (44%), sedangkan untuk KD menceritakan kembali isi teks cerita fantasi peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 19 peserta didik (59%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 13 peserta didik (41%). Pada siklus kedua untuk KD mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi secara keseluruhan peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hasil uji statistik Wilcoxon terhadap data di atas menunjukkan bahwa Whitung (0) < nilai Wtabel (126,2). Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 02:16 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 02:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3661 |
Actions (login required)
View Item |