EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020)

Wardani, Putri Kusuma (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
9. BAB 3 .pdf

Download (202kB)
[img] Text
10. BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
11. BAB 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Kusuma Wardani. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Circuit Learning dalam Pembelajaran Menganalisis dan Menulis Puisi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai oleh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis, yaitu KD 3.17 menganalisis unsur pembangun puisi dan KD 4.17 menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Materi tersebut mengharuskan peserta didik untuk menganalisis bagian-bagian unsur pada puisi dan menulis puisi. Namun banyak peserta didik yang merasa kesulitan menganalisis dan menulis puisi, karena beranggapan bahwa unsur-unsur puisi sangat kompleks dan penggunaan kata dalam puisi sulit dipahami sehingga memengaruhi hasil pembelajaran peserta didik. Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis melaksanakan eksperimen yakni pada kelas X IPS SMA 1 Sindangkasih Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Circuit Learning dalam pembelajaran menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X IPS 3 SMA 1 Sindangkasih Ciamis. Penulis menerapkan teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan dua kelompok sampel yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Circuit Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Oktober 2019 sampai 23 Oktober 2019 dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X IPS 3 dan X IPS 5 semester genap SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis. Data hasil nilai yang didapat setelah menguji cobakan model Circuit Learning dari peserta didik kemudian diolah menggunakan perhitungan statistik Uji Wilcoxon. Berdasarkan penafsiran menggunakan Uji W pun diperoleh hasil W hitung (0) < W tabel (0,01) (126,25) untuk kedua sampel tersebut, artinya model pembelajaran Circuit Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Berdasarkan hasil Uji W tersebut penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Circuit Learning efektif dalam pembelajaran menganalisis dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai dari perbandingan nilai rata-rata tes akhir (postest) kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun puisi serta menulis puisi berdasarkan unsur pembangunnya di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Nilai rata-rata tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Circuit Learning yaitu kelas X IPS 3 pada KD 3.17 mencapai 52,3 dan 89,18 dan pada KD 4.17 mencapai angka 49,78 dan 88,21 sedangkan di kelas control yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction yaitu kelas X IPS 5 pada KD 3.17 mencapai angka 49,98 dan 83,1 dan pada KD 4.17 mencapai angka 48,42 iv dan 85,1. Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Circuit Learning lebih tinggi daripada kelas kontrol

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Dec 2021 06:47
Last Modified: 23 Dec 2021 06:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item