Nuraeni Lisanti, Meitsa Widi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarsari Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
001 COVER.pdf Download (212kB) |
|
Text
002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
004 ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text
006 DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
011 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (435kB) |
|
Text
012 BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (675kB) |
|
Text
013 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (387kB) |
|
Text
014 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
015 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
016 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
Abstract
ABSTRAK Meitsa Widi Nuraeni Lisanti. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan menggunakan Metode Pembelajaraan Brainstorming (Curah Pendapat) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarsari Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi dan meyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarsari tahun ajaran 2020/2021 banyak yang belum memenuhi KKM. Karena itulah penulis melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya metode pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarsari Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2020/2021 dalam mengidentifikasi informasi serta menyimpulkan isi teks eksposisi. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan pertama yaitu pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksposisi terdapat 14 peserta didik (53%) yang belum mencapai KKM, dan 12 peserta didik (46%) yang sudah mencapai KKM dengan hasil rata-rata 68, sedangkan pada pertemuan kedua yaitu menyimpulkan isi teks eksposisi terdapat 13 peserta didik (50%) yang belum mencapai KKM, dan 13 peserta didik (30%) yang sudah mencapai KKM dengan hasil rata-rata 53. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM dengan pemerolehan hasil rata-rata 79 (pertemuan pertama) dan pemerolehan hasil rata-rata 89 (pertemuan kedua). Hasil uji noemalitas data nilai mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga menggunakan uji w yang hasilnya Whitung lebih kecil dari pada nilai Wtabel dalam taraf signifikasi (0,01). Uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tidak lanjut dari siklus kesatu kemmapuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya, metode pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 4 Banjarsari Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2020/2021 dalam mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 03:03 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3612 |
Actions (login required)
View Item |