Maryana, Ema (2021) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA RANGKAIAN KEGIATAN DALAM BENTUK TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (Penelitianan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMP Terpadu Mathla’ul Khaer Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (483kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
ABSTRAK Ema Maryana. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan serta Menyajikan Data Rangkaian Kegiatan dalam Bentuk Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Terpadu Mathlaul Khaer. Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi menggunakan pembelajaran berbasis teks. Artinya keterampilan berbahasa yang meliputi menyimak, berbicara, menulis, dan membaca dikuasai melalui teks. Salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas VII ialah teks prosedur. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu menguasai teks tersebut, salah satu masalah yang penulis temukan di SMP Terpadu Mathla’ul Khaer Kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa peserta didik belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. KKM yang harus dicapai adalah 72. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran two stay two stray (dua tinggal dua tamu) meningkatkan kemampuan menelaah struktur, aspek kebahasaan teks prosedur dan menyajikan data rangkaian kegiatan dalam teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Terpadu Mathla’ul Khaer Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Terpadu Mathla’ul Kaher Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama pada aspek pengetahuan diketahui bahwa terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 13 peserta didik (56%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 10 peserta didik (44%). Sementara pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 14 peserta didik (61%) dan yang sudah mencapai KKM ialah sebanyak 9 peserta didik (39%). Pengolahan nilai siklus kedua, menunjukkan bahwa baik pada aspek maupun aspek keterampilan semua peserta didik sudah mencapai (100%). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan serta menyajikan data rangkaian kegiatan dalam bentuk teks pada peserta didik kelas VII SMP Terpadu Mathla’ul Khaer Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 02:17 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 02:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3567 |
Actions (login required)
View Item |