Rahayu, Yola Widi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Burhan Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (5kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (106kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (201kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (183kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
Abstract
ABSTRAK Yola Widi Rahayu. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita yang Dibaca dan Didengar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP IT Al�Burhan Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kurikulum 2013 revisi memuat salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII yaitu “Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita”. Pada kenyataanya peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Burhan Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 masih banyak yang belum mampu mengidentifikasi usnur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita dengan tepat sehingga belum memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu sebesar 75. Karena itu, penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita yang dibaca dan didengar pada peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Burhan Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Burhan Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan data yang diperoleh untuk kompetensi dasar 3.1 mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca, pada siklus kesatu peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 5 orang (26,3%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (73,6%), sedangkan pada siklus kedua secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 19 orang (100%). Kemudian, untuk kompetensi dasar 4.1 menyimpulkan isi dari teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar, pada siklus kesatu peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 3 orang (15,7%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (84,2%), sedangkan pada siklus kedua secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 19 orang (100%). Artinya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Burhan Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 02:17 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 02:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3565 |
Actions (login required)
View Item |