PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI KEDATANGAN BANGSA JEPANG KE INDONESIA PADA SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURFAUJIAH, RESTI NAWI (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI KEDATANGAN BANGSA JEPANG KE INDONESIA PADA SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

BSTRAK NURFAUJIAH, RESTI NAWI. 2021. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI KEDATANGAN BANGSA JEPANG KE INDONESIA PADA SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada sistem pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang seutuhnya mengenai proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada sistem pembelajaran jarak jauh. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : pembelajaran pada masa pandemi dilakukan dengan menggunakan sistem pembelajarann jauh dan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Discovery Learning. Pembelajaran jarak jauh ini dilaksankan dengan Menyusun perencanaan dan pelaksanaan perencanaan yang dilakukan yaitu membuat video pembelajaran dan soal evaluasi, sedangkan pelaksanaannya yaitu mengirimkan video pembelajaran ke Google Classroom, mengecek kehadiran, melakukan diskusi di WhatsApp grup dan zoom meating untuk diskusi. Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada sistem pembelajaran jarak jauh ini membantu peserta didik untuk lebih berperan aktif dan mengembangkan pengetahuan yang ada menjadi pengetahuan baru. Akan tetapi penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran jarak jauh ini memiliki kendala baik untuk guru maupun untuk peserta didik, seperti guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan materi, guru harus lebih merekontruksi materi pembelajaran dengan baik serta kurangnya peran orang tua di rumah untuk mengarahkan siswa pada saat pembelajaran agar dapat mengikuti tetap pada waktunya. Adapun kendala yang dihadapi siswa adalah kurangnya literasi, kendala kuota dan banyak yang masih belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh ini. Tetapi ini akan bisa diatasi Ketika sudah ada Kerjasama anatar guru, siswa dan orang tua. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Pembelajaran Jarak Jauh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:15
Last Modified: 20 Dec 2021 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item