HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/ 2020)

ANTIKA, INDRI (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/ 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI INDRI ANTIKA -152151157-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK INDRI ANTIKA. 2020. Hubungan antara Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, serta hubungan antara kemandirian belajar (self regulated learning) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI SMA Islam Cipasung pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik analisis korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan hasil pengundian kelas XI MIPA 5 yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan yakni angket kemandirian belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan langkah penyelesaian Polya. Data yang telah diperoleh dianalisis terlebih dahulu dengan uji prasyarat analis yakni uji normalitas dan uji linearitas. Setelah uji prasayarat analis terpenuhi, dilanjutkan dengan uji hipotesis yang hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemandirian belajar (selft regulated learning) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis data, kemandirian belajar peserta didik berada pada kriteria cukup, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berada pada kriteria tinggi. Berdasarkan uji koefisien korelasi product moment pearson (r) sebesar 0,753; sehingga diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:14
Last Modified: 20 Dec 2021 01:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3521

Actions (login required)

View Item View Item