PENERAPAN METODE PEMBELAJARANQUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPINGDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya)

Khoirunnisa, Fika (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARANQUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPINGDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. kelengkapan.pdf

Download (472kB)
[img] Text
02. BAB I REVISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
03. BAB II REVISI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
04. BAB III REVISI.pdf

Download (501kB)
[img] Text
05. BAB IV & V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
06. daftar pustaka FIX.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Fika Khoirunnisa, 2019.Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Menggunakan Mind MappingDalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa(Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas XI IPSTahun Ajaran 2019/2020 Sma Muhammadiyah Kota Tasikmalaya) Masalah dalam penelitian mengenai siswayang masih kesulitan dalam memahami materi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya. Penelitian menggunakan metode eksperimen jenis quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 58 orang. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPA dengan jumlah siswa 22 sebagai kelas Kontrol dan kelas XI IPS dengan jumlah siswa36 sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan mind mapping sebelum dan sesudah perlakuan; 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebelum dan seudah perlakuan; 3) terdapat perbedaan peningkatan terhadap pemahaman konsep belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan mind mapping dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Quantum Teaching, Mind Mapping, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:13
Last Modified: 20 Dec 2021 01:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item