Novaliska, Nindy (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI NINDY.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nindy Novaliska. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) Dengan Model Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/MTs adalah mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi sebagai ranah pengetahuan dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi sebagai ranah keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengindentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) dengan model pembelajaran Jigsaw pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Jigsaw dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siklus kesatu mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi sebesar 80,9, sedangkan pada siklus kedua sebesar 89,8, sehingga terjadi kenaikan sebesar 8,9. Nilai rata-rata siklus kesatu menceritakan kembali isi teks cerita fantasi sebesar 80,3, sedangkan pada siklus kedua sebesar 87,9, sehingga terjadi kenaikan sebesar 7,6. Berdasarkan hasil Uji W (wilcoxon) diketahui bahwa dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi diperoleh hasil Whitung (0) < (lebih kecil) daripada nilai Wtabel taraf signifikansi 0,01 (30) = 107,27 dan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks cerita fantasi diperoleh hasil Whitung (0) < (lebih kecil) daripada nilai Wtabel taraf signigikansi 0,01 (30) = 107,27. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Artinya, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:39 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3484 |
Actions (login required)
View Item |