ANALISIS PENALARAN ANALOGI MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

EFRIANI, ERNI (2021) ANALISIS PENALARAN ANALOGI MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsiku fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK ERNI EFRIANI. 2021. Analisis Penalaran Analogi Masalah Matematik Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran analogi masalah matematik siswa yang ditinjau dari kecerdasan emosional yang dilihat dari empat tahapan yaitu encoding, inferring, mapping, dan applying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, subjek penelitian diambil berdasarkan hasil angket kecerdasan emosional pada saat observasi awal pada kelas VIII G di SMP Negeri 9 Tasikmalaya yang dikategorikan berdasarkan kategori kecerdasan emosional tinggi dan rendah dengan rentang kualitatif kekuatan, kompeten, rata-rata tinggi, dan rata-rata rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes penalaran analogi masalah matematik dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama, instrumen penunjang yakni soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Siswa dari kategori kecerdasan emosional tinggi dengan rentang kualitatif kekuatan memenuhi empat tahapan penalaran analogi masalah matematik, Siswa dari kategori kecerdasan emosional tinggi dengan rentang kualitatif kompeten kurang tepat pada tahapan inferring masalah sumber serta kurang teliti dalam mengerjakan soal dan mengulang-ngulang kembali dengan membaca soal untuk dapat mengerti maksud dari soal, Siswa dari kategori kecerdasan emosional tinggi dengan rentang kualitatif rata-rata tinggi kurang tepat pada inferring dan mapping di masalah sumber dan target. (2) Siswa dengan rentang kualitatif rata-rata rendah dari kategori kecerdasan emosional rendah memenuhi tahapan encoding dan menyimpulkan dalam mencari luas bangun datar keseluruhan dengan menjumlahkan bangun yang telah diketahui yang masuk kedalam tahapan mapping, itu pun hanya dengan menduga-duga. Kata kunci : Penalaran Analogi Masalah Matematik, Kecerdasan Emosional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:31
Last Modified: 17 Dec 2021 02:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item