AZIZAH, GINA LUTHFI (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS (Studi Korelasi di Kelas X SMAN 1 Parigi Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
001. COVER SKRIPSI..pdf Download (35kB) |
|
Text
002. Lembar Pengesahan.pdf Download (7kB) |
|
Text
003. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
004. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (187kB) |
|
Text
005. KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
006. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (296kB) |
|
Text
007. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
008. DAFTAR TABEL.pdf Download (190kB) |
|
Text
009. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (247kB) |
|
Text
010. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (180kB) |
|
Text
011. BAB 1.pdf Download (310kB) |
|
Text
012. BAB 2.pdf Download (550kB) |
|
Text
013. BAB 3.pdf Download (899kB) |
|
Text
014. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
|
Text
015. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
016. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
Abstract
ABSTRAK GINA LUTHFI AZIZAH. 2020. HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS (Studi Korelasi di Kelas X SMAN 1 Parigi Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada konsep virus di kelas X SMAN 1 Parigi Tahun Ajaran 2020/2021. Materi virus dipilih karena keberadaan virus sangat dekat dengan kehidupan manusia. Berbagai penyakit yang menyerang manusia seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Mempelajari virus penting bagi peserta didik supaya dapat mengetahui karakteristik virus, memahami bagaimana virus itu dapat menyebarkan penyakit, bagaimana cara pencegahannya dan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus. Metode dalam penelitian ini ialah korelasional. Populasi seluruh kelas X MIPA sebanyak 7 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 37 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah berpikir kritis sebanyak 19 soal yang berbentuk uraian dan hasil belajar sebanyak 38 soal berbentuk pilihan ganda pada konsep virus. Teknik analisis data yang digunakan ialah korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi (5%). Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasayarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik (R=0,337; R2 =0,114) artinya terdapat kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 11,4%. Kata kunci : Korelasi, Berpikir kritis, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 02:53 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 02:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3354 |
Actions (login required)
View Item |