PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK MUKENA BORDIR DI SUKARAJA TASIKMALAYA

Krismayani, Suci (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK MUKENA BORDIR DI SUKARAJA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI Suci Krismayani FIX (Hard Cover).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Suci Krismayani.2020. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Mukena Bordir Di Sukaraja Tasikmalaya. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di pengusaha konvekasi mukena bordir yang bertempat di daerah Sukaraja Tasikmalaya, pengusaha konveksi tersebut menyediakan pelayanan yang baik, dan memiliki karyawan yang cukup banyak. Di daerah Sukaraja ini paling dikenal sebagai konveksi mukena bordir terbesar di Tasikmalaya. Mukena adalah produk budaya khas indonesia, para muslim tidak bisa dipisahkan dari mukena yang merupakan perlengkapan ibadah muslimah. Saat beribadah shalat lima waktu, muslimah harus menutupi seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Oleh karena itulah, para muslimah memerlukan mukena. Maka penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Mukena Bordir di Sukaraja”. Rumusan masalahnya adalah “Berdasakan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing mukena bordir di Sukaraja? dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing produk mukena bordir . Metode penelitian yang dipakai penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, uji signifikansi t, koefisien determinasi, dan koefisien kolerasi dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil dari hasil uji koefisien kolerasi variabel X di peroleh rhitung sebesar 0,448. Hasil koefisien determinasi (R2 ) telah diketahui bahwa R-Square 13,4. Artinya pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing adalah sebesar 13,4% sedangkan sisanya 86,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 35,531 + 0,128 X yang menunjukan bahwa kualitas produk (X) berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing (Y). dan hasil data pada uji signifikansi t berada pada tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Yang menyatakan bahwa kualitas produk (X) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing (Y). Kata kunci: Kualitas produk, keunggulan bersaing konveksi mukena bordir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Dec 2021 02:45
Last Modified: 09 Dec 2021 02:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item