Lisnawati, Nina (2021) DECIPHERING AN ENGLISH TEACHER’S HAND GESTURES IN TEACHING MATERIALS DELIVERY: A MULTIMODAL PERSPECTIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (166kB) |
|
Text
2. Approval sheet (2).pdf Download (140kB) |
|
Text
2. Approval sheet.pdf Download (74kB) |
|
Text
3. Approval Sheet.pdf Download (63kB) |
|
Text
4. Pernyataan.pdf Download (69kB) |
|
Text
4. Pernyataan.pdf Download (69kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (112kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (76kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (89kB) |
|
Text
8. Chapter 1.pdf Download (82kB) |
|
Text
9. Chapter 2.pdf Download (189kB) |
|
Text
10. Chapter 3.pdf Download (146kB) |
|
Text
11. Chapter 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
|
Text
12. Chapter 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
Abstract
ABSTRAK NINA LISNAWATI. 2021. Deciphering An English Teacher’s Hand Gestures In Teaching Materials Delivery: A Multimodal Perspective. English Education Department. Faculty of Educational Sciences and Teachers’ Training. Siliwangi University. Tasikmalaya. Penggunaan gerakan isyarat diharapkan menjadi sebuah cara yang dapat membantu guru menyampaikan materi yang disampaikan. Siswa menangkap gerakan isyarat yang dihasilkan oleh guru dan mempertahankan perhatian mereka karena penjelasan materi yang terkait dengan lingkungan sekitarnya (Valenzeno et al., 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja gestur guru yang dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini mengadopsi analisis isi kualitatif sebagai desain penelitian. Data dari penelitian ini dikumpulkan dari observasi bukan yang peserta dan seluruh aktivitas kelas direkam oleh kamera video. Selain itu, data dari gerakan isyarat guru dianalisis menggunakan Systemic Functional Multimodal Discourse Analysis (atau SFMDA) oleh perspektif (Martinec, 2000) untuk mengungkapkan apa saja gerak tubuh guru yang diwakili selama kegiatan kelas dan makna di baliknya. Berdasarkan temuan, peneliti menemukan beberapa makna multimodal yang direpresentasikan dalam gerak tubuh guru saat proses belajar mengajar, yaitu: 1) isyarat, mengangkat tangan dan menunjuk siswa untuk menekankan instruksi selama proses belajar mengajar, 2) gerakan berhitung menggunakan jari, mengangkat objek kelas dan tangan terbuka untuk mendorong pemahaman siswa terhadap materi selama kegiatan pembelajaran, 3) gerakan menunjuk objek kelas, mengangkat jari tengah dan telunjuk dan menghubungkan ibu jari dan jari telunjuk ke dalam lingkaran untuk menarik perhatian siswa selama kegiatan kelas, 4) gerak tubuh mengacungkan jempol untuk memuji proses belajar siswa. Selanjutnya, penelitian ini memberikan informasi kepada pembaca tentang penggunaan gerakan isyarat guru yang memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa Inggris. Kata kunci: Gerakan Isyarat Guru, Multimodal Perspective, Materi Pembelajaran Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 05:31 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 05:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3325 |
Actions (login required)
View Item |