KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

FAUZIYANTI, JIHAN (2021) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (415kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (274kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (657kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (675kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar matematika, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik berdasarkan lingkungan tempat tinggal. Penelitan menggunakan kuantitatif deskriptif dengan metode korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah divalidasi dan melalui dokumen dari nilai rapot peserta didik dan wawancara peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTS PSA Miftahul Falah Kabupaten Tasikmalaya, tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS PSA Miftahul Falah Kabupaten Tasikmalaya. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas VIII-D yang berjumlah 26 orang dan terpilih 6 orang berdasarkan pertimbangan untuk wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi berganda dan analisis hasil wawancara. Angket kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual diukur menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada korelasi antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar matematika peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,479. Peserta didik yang tinggal di lingkungan rumah memiliki kecerdasan emosional rata-rata sedang dan kecerdasan spiritual rata-rata sedang. Peserta didik yang tinggal di lingkungan pesantren memiliki kecerdasan emosional rata-rata tinggi dan kecerdasan spiritual rata-rata tinggi. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:05
Last Modified: 07 Dec 2021 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item