HAMDAN MAULANA RASYID, AGUS (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (134kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (139kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (182kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (204kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (116kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (210kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (423kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (292kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
ABSTRAK AGUS HAMDAN MAULANA RASYID. 2021. Analisis kesalahan peserta didik berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahaan dan faktor apa saja penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal materi persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur Newman. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil tiga orang peserta didik dengan tujuan tertentu (purposive sampling) dari kelas VIII A MTs Terpadu Al-Urwatul Wustha Tasikmalaya. Waktu penelitian pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data instrument tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesalahan yang dialami pesera didik dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear dua variabel yaitu kesalahan pada tahap Comprehension, Transformation, Process skill dan Encoding. Lebih tepatnya melewatkan tahap menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, tidak melakukan pemisalan pada setiap variabel yang digunakan, melakukan kesalahan saat membuat model matematika, melakukan kesalahan saat proses penghitungan mencari nilai variabel, melakukan kesalahan pada proses sebelumnya yang menyebabkan kesalahan pada proses selanjutnya, kesalahan membuat kesimpulan. Faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesalahan adalah menganggap penulisan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal tidak perlu dilakukan, kurangnya kemampuan dalam memahami masalah yang pertama kali ditemui, tidak terbiasa mengerjakan soal berbentuk cerita, tidak terbiasa membuat model matematika dari kalimat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, terlalu percaya diri sehingga tidak teliti saat mengerjakan soal, kesalahan mendasar yang menyebabkan kesalahan beruntun pada proses-proses selanjutnya. Kata kunci: kesalahan, soal cerita, persamaan linear dua variabel, prosedur Newman
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 02:29 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 02:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3247 |
Actions (login required)
View Item |