PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terpadu Dawaul Munawar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020.

Rostineuwati, Zulva (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIRS SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terpadu Dawaul Munawar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ZULVA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Zulva Rostineuwati, Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur-Unsur Pembangun Puisi dan Menyajikan Gagasan dalam Bentuk Teks Puisi dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Terpadu Dawaul Munawar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Silliwangi. Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah unusr-unsur pembangun dan menulis puisi. Untuk mengatasi permasalahan ini penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menelaah unsur�unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Terpadu Dawaul Munawar Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Terpadu Dawaul Munawar untuk kelas VIII adalah 75. Perolehan nilai pada siklus I Pertemuan pertama KD 3.8 peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 16 orang peserta didik (53%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 14 orang peserta didik (46%) dengan nilai rata-rata 73,8. Dan pertemuan kedua KD 4.8 Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 13 orang peserta didik (43%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 17 orang peserta didik (57%) dengan rata-rata nilai 70,9. Pada siklus II Pertemuan pertama KD 3.8 persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai pengetahuan di atas KKM sebanyak 30 orang peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 84,7. Dan pertemuan kedua KD 4.8 Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 13 orang peserta didik (43%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 17 orang peserta didik (57%) dengan rata-rata nilai 70,9. Pada siklus II Pertemuan kedua persentase siklus II jumlah peserta didik yang memperoleh nilai keterampilan di atas KKM sebanyak 30 orang (100) dengan nilai rata-rata 84. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran TPS meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan gagasan perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Terpadu Dawaul Munawar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:13
Last Modified: 06 Dec 2021 03:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item