PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada kelas X IIS Tahun pelajaran 2018/ 2019 MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya)

RAHAYU, REGA DESTIANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada kelas X IIS Tahun pelajaran 2018/ 2019 MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (11kB)
[img] Text
abstrak_.pdf

Download (67kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX BANGET REGA 123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
DAPUS FIX.pdf

Download (11kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian mengenai rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan tidak mencapai kriteria ketuntasan minium (KKM). Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Metode penelitian quasi experimental design, digunakan seluruh kelas IIS MAN 2 Kota Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 176 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampling purposive, dimana sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X IIS 5 sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya mengunakan metode ceramah sebanyak 35 orang dan X IIS 1 sebanyak 34 orang sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan model Teams Games Turnament (TGT). Instrumen yang digunakan dalam penelitian tes hasil belajar siswa. Tes berupa tes bentuk pilihan ganda dengan 5 option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf nyata α = 0,05 dengan menggunakan program SPSS Versi 23.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai P-Value 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) sebelum dan sesudah perlakuan, dan nilai P�Value 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah sebelum dan sesudah perlakuan, dan nilai P-Value 0,001 < 0,05 terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Teams Games Turnament (TGT) dengan metode ceramah sesudah perlakuan. Dengan demikian, menunjukan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) dengan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan di kelas X MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Prestasi, belajar, model, Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Dec 2021 07:08
Last Modified: 03 Dec 2021 07:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item View Item