PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

FATHONAH, TIYA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
152151080 tiya fathonah skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik dan untuk mengetahui minat belajar matematika peserta didik setelah menerapkan model Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen. Populasi penelitiannya sebanyak 312 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Sampel ditentukan secara Cluster Random Sampling. Kelas VIII-I yang berjumlah 32 orang terpilih sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences, sedangkan kelas VIII-H yang berjumlah 31 orang terpilih sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning. Pengumpulan data penelitian ditentukan melalui sekali tes kemampuan pemahaman matematis berbentuk uraian (postest). Instrumen penelitian ini terdiri dari soal tes kemampuan pemahaman matematis dan angket minat belajar matematika peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua ratarata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model Discovery Learning berbasis Multiple Intelligences terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik dan minat belajar matematika peserta didik berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis, Minat Belajar, Multiple Intelligences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:33
Last Modified: 14 Aug 2019 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item