ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DI PT. YUMNA BERKAH NUSANTARA

Hopipah, Anisa (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DI PT. YUMNA BERKAH NUSANTARA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (749kB)
[img] Text
11. BAB II KERANGKA TEORITIS.pdf

Download (688kB)
[img] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. BAB IV PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Hopipah, 2021. Analisis Strategi Pengembangan Produk di PT. Yumna Berkah Nusantara. Program Studi Ekonomi Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. PT. Yumna Berkah Nusantara merupakan perusahaan yang sedang berkembang di bidang fashion muslim khususnya mukena. Banyaknya unit bisnis yang memproduksi produk yang sama sehingga pesaing pun semakin banyak maka perusahaan harus dapat bersaing untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen salah satunya dengan melakukan pengembangan produk. PT. Yumna Berkah Nusantara melakukan pengembangan produk dengan memproduksi gamis untuk menjaga stabilitas penjualan karena produk mukena merupakan produk musiman. Namun, penjualan gamis tersebut tidak berpengaruh terhadap penjualan. Maka yang menjadi rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis strategi pengembangan produk di PT. Yumna Berkah Nusantara. Strategi pengembangan produk merupakan strategi yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan suatu produk ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen�dokumen PT. Yumna Berkah Nusantara. Uji kredibilitas data menggunakan trianggulasi teknik dan teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT pengembangan produk di PT. Yumna Berkah Nusantara menghasilkan nilai total skor masing-masing strength 1,79 weaknesses 0,94 opportunities 1,23 dan threat 1,73. Kemudian dari hasil tersebut disusun dalam matriks SWOT yang menghasilkan empat alternatif strategi sebagai rekomendasi dalam pengembangan produk di PT. Yumna Berkah Nusantara. Dimana hasil EFAS dan IFAS bertemu di kuadran II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi yang dapat menjadi alternatif pengembangan produk di PT. Yumna Berkah Nusantara yaitu strategi ST diantaranya perusahaan dapat melakukan perbaikan ciri khas produk, meningkatkan kualitas SDM yang ada, menambah divisi R&D dan manajer produksi khusus, menambah nilai jual pada produk serta memperhatikan tahapan�tahapan dalam pengembangan produk. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, analisis SWOT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:58
Last Modified: 26 Nov 2021 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item