PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII Mts Tarbiyatul Ummah Taraju Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 )

SUPRIADI, CECEP (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII Mts Tarbiyatul Ummah Taraju Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
cover2.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB III1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Cecep supriadi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Tarbiyatul Ummah Taraju Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 ) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia dikelas VIII MTs Tarbiyatul Ummah Taraju. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan Desember 2019 di MTs Tarbiyatul Ummah Taraju . Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental dengan populasi seluruh kelas VIII MTs Tarbiyatul Ummah Taraju, dengan jumlah peserta didik 60 orang. Teknik sempling yang digunakan yaitu sampling jenuh karena semua populasi digunakan sebagai sempel, yaitu Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik, digunakan isntrumen berupa tes keterampilan berpikir kritis berjumlah 10 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap berpikir kritis peserta didik pada konsep sistem pencernaan makan pada manusia di kelas VIII MTs Tarbiyatul Ummah. Pada penelitian ini juga didapatkan sebuah temuan bahwa model pembelajaran concept attainment cenderung dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik pada indikator menemukan konsep dan membuat penjelasan lebih lanjut. Kata Kunci : model pembelajaran concept attainment, berpikir kritis dan sistem pencernaan makanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:36
Last Modified: 24 Nov 2021 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item