ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MENURUT JOHN DEWEY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

YUNAETI, NENY (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MENURUT JOHN DEWEY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
revisi sidang neny.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik menurut teori John Dewey ditinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Metode penelitian kualitatif eksploratif, teknik pengambilan subjek penelitian yaitu semua peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 1 sebanyak 36 peserta didik secara bergantian diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi perbandingan trigonometri dengan teknik think aloud supaya pada waktu peserta didik mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah matematik dapat diketahui proses berpikirnya. Dari langkah tersebut didapatkan 11 peserta didik yang dapat menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik. Semua peserta didik yang dapat menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik diberikan angket gaya belajar untuk dikategorikan ke gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Dari proses tersebut didapatkan data yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 5 orang, gaya belajar auditorial 4 orang, dan gaya belajar kinestetik 2 orang. Dengan purposive, peserta didik yang dapat memberikan informasi yang cukup dan dapat berkomunikasi dengan baik dijadikan subjek penelitian, dengan alasan supaya dapat memberikan informasi yang cukup untuk menjawab tujuan dari penelitian. Dari proses tersebut didapatkan 1 subjek penelitian dari tipe gaya belajar visual (N-12), 1 subjek penelitian tipe gaya belajar auditorial (N-07), dan 1 subjek penelitian darai tipe gaya belajar kinestetik (N-14). Teknik pengumpulan data metode think aloud. Instrumen yang digunakan meliputi peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes pemecahan masalah matematik, angket gaya belajar, dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan: kemampuan pemecahan masalah matematik materi perbandingan trigonometri peserta didik yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan menyampaikan argumentasi verbal, mengidentifikasi fakta, melakukan perhitungan dalam menyelesaikan masalah, membandingkan jawaban yang didapat dengan perhitungan yang lain, dan memilih strategi yang tepat setelah melakukan percobaan strategi yang lain. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematik Menurut John Dewey, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:04
Last Modified: 24 Nov 2021 04:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item