SALBIYAH, NENDEN (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi Nenden Salbiyah_ 152151043.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019 dan sampel diambil sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan soal tes kecerdasan logis matematis. Setelah dilakukan uji ANOVA dua jalur pada taraf signifikan 5% diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematik, model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), kecerdasan logis matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 09:13 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 09:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/297 |
Actions (login required)
View Item |