PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Pondok Pesantren Idrisiyyah Tahun Ajaran 2019/2020)

Afifah, Afifah (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Pondok Pesantren Idrisiyyah Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (102kB)
[img] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (218kB)
[img] Text
5. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Afifah. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur�unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi Menggunakan Metode Two Stay Two Stray (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Pondok Pesantren Idrisiyyah Putri Tahun Ajaran 2019/2020). Kurikulum yang digunakan di Indonesia adalah kurikulum 2013 revisi. Kurikukum 2013 revisi merupakan kurikulum yang berbasis teks. Teks-teks yang dipelajari oleh peserta didik kelas VII adalah teks deskripsi, teks cerita fantasi, teks prosedur, teks laporan observasi, teks puisi rakyat, teks cerita rakyat, surat, dan literai.. Salah satu teks yang harus peserta didik pelajari dalam kurikulum 2013 revisi yaitu teks cerita fantasi. Kemampuan dasar yang digunakan untuk teks cerita fantasi ini yaitu kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi dengan memperhatikan unsur dalam cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran two stay two stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII Pondok Pesantren Idrisiyyah Putri Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran two stay two stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII Pondok Pesantren Idrisiyyah Putri Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.4 masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 10 orang atau 50% sementara pada aspek keterampilan 4.4 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 10 orang atau 50%. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kedua, pada aspek pengetahuan 3.4 peserta didik yang sudah mencapai KKM berjumlah 20 orang atau 100% dan pada aspek keterampilan 4.4 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 20 orang atau 100%. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran two stay wo stray dapat stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII Pondok Pesantren Idrisiyyah Putri Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:29
Last Modified: 24 Nov 2021 03:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item