PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM POSING

RAHAYU, JEJEH (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM POSING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Jejeh Rahayu - 152151146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematis peserta didik yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang menggunakan model Problem Posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistika deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-6 (kelas Eksperimen I) sebanyak 41 orang dan kelas VII-7 (kelas Eksperimen II) sebanyak 44 orang. Sampel diambil secara random dari populasi 10 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan literasi matematis pada materi segiempat dan segitiga. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rerata dengan pertimbangan uji normalitas data dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh simpulan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) termasuk ke dalam kategori baik, sedangkan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Posing termasuk ke dalam kategori cukup. Serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Problem Posing pada taraf signifikan 5%. Kata kunci: kemampuan literasi matematis, Problem Based Learning (PBL), Problem Posing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:12
Last Modified: 13 Aug 2019 09:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item