AGUSTIANI, RESTY (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA KHZ MUSTHAFA SUKAMANAH Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER-dikonversi.pdf Download (48kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan A-dikonversi.pdf Download (152kB) |
|
Text
3. TTD Penelaah-dikonversi.pdf Download (160kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN-dikonversi.pdf Download (146kB) |
|
Text
5. ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (69kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR-dikonversi.pdf Download (82kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH-dikonversi.pdf Download (91kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI-dikonversi.pdf Download (40kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL-dikonversi.pdf Download (37kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR-dikonversi.pdf Download (31kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN-dikonversi.pdf Download (33kB) |
|
Text
12. BAB I-dikonversi.pdf Download (144kB) |
|
Text
13. BAB II-dikonversi.pdf Download (229kB) |
|
Text
14. BAB III-dikonversi.pdf Download (583kB) |
|
Text
15. BAB IV-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
16. BAB V-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (33kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian dimana masih rendahnya kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran yang berdampak rendah pada kelas XI IPS di SMA KHZ Musthafa Sukamanah, hal ini terindikasikan karena adanya ketidaktepatan dalam proses pembelajaran, indikasi tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran, sehingga kemampuan berfikir kreatif peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dan mendeskripsikan sebagai hasil dari model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini akan menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan Desain penelitian ini menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Desain atau desain berbentuk kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampling merupakan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA KHZ Musthafa Sukamanah yang dimana total siswanya 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam sampel ini Independent sampel t-test untuk menguji kemampuan berfikir kreatif diketahui nilai sig < 0,05 sehingga Ho ditolak. Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam hal ini mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif karena diketahui dengan pengujian paired sampel t-test dengan nilai sig < 0,05 sehingga Ho ditolak. Sedangkan penggunaan model konvensional dalam hal ini mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif karena didapatkan juga dengan pengujian paired sampel t-test dimana nilai sig terhadapnya < 0,05 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Berfikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 03:08 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 03:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2837 |
Actions (login required)
View Item |