IRPAN, MUHAMAD (2021) ANALISIS ASPEK MAKNA DAN KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI DALAM BUKU KUMPULAN TEKS BIOGRAFI BIOGRAFI PARA ILMUWAN MUSLIM KARYA WAHYU MURTININGSIH SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA KELAS X. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (195kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (179kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (325kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (526kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhamad Irpan, 2021. Analisis Aspek Makna dan Kebahasaan Teks Biografi dalam Buku Kumpulan Teks Biografi Biografi Para Ilmuwan Muslim Karya Wahyu Murtiningsih sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA Kelas X. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Salah satu teks yang harus diajarkan kepada peserta didik kelas X SMA adalah teks biografi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis, salah satu masalah yang dihadapi pendidik ketika mengajarkan teks biografi adalah ketersediaan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya buku kumpulan teks biografi Biografi Para Ilmuwan Muslim karya Wahyu Murtiningsih dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di SMA kelas X. Sampel yang penulis pilih dalam penelitian ini yaitu sebanyak 9 sampel. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik wawacara dan teknik dokumentasi. Teknik validasi data yang penulis gunakan adalah teknik angket dan teknik tes. Hasil analisis yang telah penulis lakukan, hasilnya dapat dipaparkan: (1) kesembilan sampel teks biografi yang penulis analisis dari segi aspek makna teks diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut sudah memiliki struktur yang lengkap beserta aspek maknanya meliputi aspek makna bagian orientasi, aspek makna urutan peristiwa, dan aspek makna reorientasi sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar 3.15 di kelas X SMA; (2) kesembilan sampel teks biografi yang penulis analisis dari segi kebahasaan teks biografi diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut memiliki kebahasaan yang lengkap sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar 3.15 di kelas X SMA; (3) kesembilan sampel teks biografi yang penulis analisis dari segi kesesuainnya dengan kriteria bahan ajar meliputi tinjauan teks dengan kurikulum, tinjauan isi bahan ajar, dan tinjauan keterbacaan wacana diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut sudah sesuai dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 03:09 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 03:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2836 |
Actions (login required)
View Item |