“PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MOTIVASI BELAJAR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI”

DELIA, RISNA (2021) “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MOTIVASI BELAJAR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI”. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FULL(RISNA DELIA-162165061).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian survei dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling tipe Proportionate Random Sampling, dihitung dengan rumus Solvin. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangandaran sebanyak 174 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 123 siswa. Dari Penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,410 artinya, kontribusi variabel bebas terhadap kemampuan berpikir kritis adalah sebesar 41%, sisanya sebesar 59% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil hipotesis diketahui bahwa nilai Fhitung lebih tinggi dari Ftabel. Artinya hasil penelitian menunjukan kecerdasan emosional, secara bersama-sama dengan motivasi belajar, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Motivasi, Belajar, Self Efficacy, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:36
Last Modified: 16 Nov 2021 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item