ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

SAPUTRA, ADITYA DWI (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (80kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (24kB)
[img] Text
03. Surat Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (92kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (138kB)
[img] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
07. Daftar Tabel.pdf

Download (25kB)
[img] Text
08. Daftar Gambar.pdf

Download (25kB)
[img] Text
09. Daftar Lampiran.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10. Bab 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
11. Bab 2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
12. Bab 3.pdf

Download (184kB)
[img] Text
13. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
14. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita dan faktor penyebab kesalahan yang dialami peserta didik pada saat mengerjakan tes soal cerita. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas VIII yang melaksanakan pembelajaran luring dikarenakan kurang fasilitas untuk mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Analisis data diawali dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil pada penelitian ini pada kesalahan membaca, tidak ditemukan kesalahan dalam membaca dikarenakan seluruh subjek penelitian dapat membaca soal dengan baik. pada kesalahan memahami, S6 tidak menuliskan secara lengkap hal yang diketahui dan S16 menuliskan hal yang ditanyakan secara singkat. pada kesalahan transformasi, S6 dan S16 melakukan kesalahan yang sama yaitu mengubah informasi pada soal ke dalam kalimat matematika tapi tidak tepat, pada kesalahan keterampilan proses, S6 dan S16 melakukan kesalahan dalam komputasi, akan tetapi ada perbedaan yaitu S6 tidak melanjutkan prosedur penyelesaian. pada kesalahan penulisan jawaban, S6 dan S16 memiliki kesamaan yaitu menuliskan jawaban yang tidak tepat akan tetapi S16 menuliskan jawaban tidak sesuai konteks soal. Faktor-faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan karena kurangnya pemahaman peserta didik, terlalu tergesa gesa dan kurangnya latihan dalam mengerjakan soal cerita. Kata kunci: Kesalahan Prosedur Newman, Penyebab Kesalahan, Soal Cerita Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:28
Last Modified: 16 Nov 2021 04:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item