ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA SOAL CERITA (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tasikmalaya)

SIREGAR, DESY ANITA (2021) ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA SOAL CERITA (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dan faktor penyebab peserta didik mengalami miskonsepsi dalam memecahkan masalah pada soal cerita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tasikmalaya kelas XI Multimedia yang berjumlah 33 peserta didik. Subjek penelitian diambil secara eksploratif yaitu 3 peserta didik kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Tasikmalaya. Pengumpulan data terdiri dari tes pemecahan masalah pada soal cerita yang disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, diperoleh simpulan sebagai berikut (1) S13 melakukan miskonsepsi teoritikal, S22 melakukan miskonsepsi klasifikasional dan teoritikal, dan S33 melakukan miskonsepsi korelasional. (2) Faktor penyebab S13 melakukan melakukan miskonsepsi yaitu pemikiran humanistik, penalaran yang tidak lengkap (salah), dan intuisi yang salah. Penyebab miskonsepsi pada S22 yaitu prakonsepsi peserta didik, penalaran yang tidak lengkap, kemampuan peserta didik, intuisi yang salah, dan minat belajar. Penyebab miskonsepsi pada S33 yaitu penalaran yang tidak lengkap dan intuisi yang salah. Kata kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:09
Last Modified: 16 Nov 2021 04:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item View Item