EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT MADURA DALAM MELAKUKAN PENGUKURAN

ZAINUDDIN, AHMAD (2019) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT MADURA DALAM MELAKUKAN PENGUKURAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_AhmadZainuddin_152151112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali penggunaan ide matematika pada tradisi masyarakat Madura di Desa Tampojung Tengah dan potensi serta keterkaitannya dengan konsep matematika. Kajian difokuskan pada tradisi pengukuran yang berkembang di masyarakat Madura. Pada penelitian kualitatif ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Madura telah menerapkan sejumlah prinsip-prinsip matematika dalam melakukan kegiatan pengukuran. Mereka memahami peranan dan penggunaan satuan pengukuran serta telah menemukan sejumlah bentuk satuan pengukuran. Mereka juga memiliki sistem konversi satuan pengukuran yang serupa dalam hal penerapan prinsip matematika dengan standar internasional, seperti standar berbasis kilogram. Mereka juga menunjukkan pemahaman mereka tentang konsep rasio dan perbandingan ketika menerapka sistem konversi satuan tersebut. Tradisi matematis tersebut dapat menginspirasi praktik pengajaran matematika. Tradisi tersebut dapat dijadikan sebagai fenomena didaktik atau sebagai jalan untuk membantu siswa mencapai matematika yang lebih formal dalam pembelajaran tentang konsep satuan pengukuran dan juga konsep rasio dan pebandingan. Kata Kunci: Masyarakat Madura; Tradisi Matematika; Satuan Pengukuran; Konversi Satuan kilo gram; Rasio; Perbandingan;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:03
Last Modified: 13 Aug 2019 09:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item