ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI PERBEDAAN ASPEK PSIKOLOGI PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas X SMAN 2 Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019)

WAHID MUSTOFA, AHMAD (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI PERBEDAAN ASPEK PSIKOLOGI PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas X SMAN 2 Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Ahmad Wahid Mustofa_152151027 - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik field dependent dan field independent berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPA 1, IPA 2, dan IPA 5 SMAN 2 Cirebon tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengetahui tipe peserta didik field dependent atau field independent dan tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis untuk mengukur penguasaan materi berdasarkan Teori APOS. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pada tahap aksi peserta didik field dependent dan field independent hanya mampu mengidentifikasi masalah belum mampu membuat model matematika. Pada tahap proses peserta didik field dependent dan independent mampu mengidentifikasi masalah, membuat model matematika, dan menyelesaikan permasalahan, namun peserta didik field dependent dan field independent model matematika yang dibuat belum tepat. Pada tahap objek peserta didik field dependent dan field independent mampu mengidentifikasi masalah, membuat model matematika, dan menyelesaikan langkah - langkah dengan tepat, dan melakukan pemeriksaan jawaban untuk subjek field independent. Namun pada tahap objek peserta didik field dependent dan field independent belum bisa menggambar ilustrasi komposisi fungsi. Pada tahap skema peserta didik field dependent dan field independent mampu mengidentifikasi masalah, membuat model matematika, dan menyelesaikan langkah - langkah dengan tepat, dan melakukan pemeriksaan jawaban. Peserta didik field independent mampu membuat alternatif penyelesaian saat mengecek jawaban sedangkan peserta didik field dependent yang hanya membalik langkah - langkah hasil penyelesaian. Pada tahap skema peserta didik mampu menyelesaikan semua permasalahan dengan benar dan mampu menggambar ilustrasi komposisi fungsi. Kata kunci: APOS, Gaya Kognitif, Pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:03
Last Modified: 13 Aug 2019 09:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item