HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di SMA N 1 Tasikmalaya)

MUSTOPA, NANDA MULYADI (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di SMA N 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01_COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
02_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03_SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
04_ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
05_KATA PENGANTAR.pdf

Download (98kB)
[img] Text
06_UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (69kB)
[img] Text
07_DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
08_DAFTAR TABEL.pdf

Download (67kB)
[img] Text
09_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (61kB)
[img] Text
10_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
11_BAB 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
12_BAB 2.pdf

Download (189kB)
[img] Text
13_BAB 3.pdf

Download (575kB)
[img] Text
14_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
15_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
16_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan kemampuan untuk mengontrol proses kognitif sehingga dapat merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi setiap proses pembelajaran. Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal lain yang harus dimiliki agar dapat mencapai tujuan belajar adalah self regulated learning dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan keterampilan metakognitif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2020 di SMAN 1 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi peserta didik kelas XI MIPA 1 – XI MIPA 5 tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 177 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 43 orang menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). MAI digunakan untuk mengukur keterampilan metakognitif, sedangkan MSLQ digunakan untuk mengukur self regulated learning dan motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,747 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,558. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan keterampilan metakognitif. Kontribusi dari self regulated learning dan motivasi belajar terhadap keterampilan metakognitif sebesar 55,8%. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Motivasi Belajar, Keterampilan Metakognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:48
Last Modified: 02 Sep 2021 04:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item