SARIANI, HESTI (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DAN CABRI. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
TESIS HESTI SARIANI 178102010.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan menggunakan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan mix methode yaitu penelitian quasi ekperimen dan studi kasus. Populasinya seluruh siswa kelas XII SMK Bina Putera Nusantara Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini membutuhkan 3 kelas yang berada di dalam satu kompetensi keahlian. Berdasarkan alasan tersebut diambil kelas Farmasi Klinis dan Komunitas 1 disebut kelas eksperimen 1 yang menggunakan pembelajaran dengan penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi Geogebra, kelas XII Farmasi Klinis dan Komunitas 2 yang menggunakan pembelajaran dengan penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi Cabri dan kelas XII Farmasi Klinis dan Komunitas 3 yang dijadikan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran model discovery learning tanpa bantuan aplikasi. Instrumen terdiri dari tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi Geogebra lebih baik daripada yang berbantuan aplikasi Cabri dan tanpa bantuan aplikasi; kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi Cabri lebih baik daripada yang tanpa bantuan aplikasi; (2) siswa yang melakukan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi Geogebra yang terdiri dari S1, S4 dan S7 melakukan kesalahan pemahaman. Siswa yang melakukan model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi Cabri yang terdiri S2, S5 dan S8 melakukan kesalahan membaca dan kesalahan keterampilan. Siswa yang melakukan model pembelajaran discovery learning tanpa bantuan aplikasi yang terdiri dari S3, S6 dan S9 melakukan kesalahan membaca, kesalahan keterampilan dan kesalahan penyimpulan. Kata Kunci:Pemecahan Masalah Matematis ,Kesalahan Newman, Discovery Learning, Cabri,Geogebra
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:48 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 04:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2644 |
Actions (login required)
View Item |