FEBI NUGRAHA, WINDI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIBANTU MEDIA CONTEXTUAL PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMPN 4 KOTA TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI WINDI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dibantu media contextual puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018 sampai bulan Januari 2019. Metode penelitian ini menggunakan true experimental dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya sebanyak 10 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 318 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII A sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada materi ciri-ciri makhluk hidup yang berjumlah 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning dibantu media contextual puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ciri-ciri makhulk hidup di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Problem Based Learning, Contextual Puzzle, Ciri-ciri Makhluk Hidup
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 08:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 09:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
View Item |