PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas IX SMP Terpadu Al-Urwatul Wustha Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021)

SOBARIAH, GINA (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas IX SMP Terpadu Al-Urwatul Wustha Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI GINA SOBARIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis tulisan dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis lisan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex-postfacto dengan pendekatan causal correlation research. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Terpadu Al-Urwatul Wustha Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021, sedangkan sampel yang diambil sebanyak satu kelas. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes tulis dan tes lisan kemampuan komunikasi matematis dan angket kecerdasan emosional. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa kecerdasan emosional peserta didik kelas IX SMP Terpadu Al-Urwatul Wustha termasuk pada kriteria tinggi, terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis tulisan peserta didik, dan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis lisan peserta didik. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Komunikasi Matematis Tulisan, Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:06
Last Modified: 15 Jun 2021 07:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item