PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII-H SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Maulana, Wildan (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII-H SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Skripsi Bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan mengidentifikasi informasi teks iklan dan menyimpulkan isi teks iklan merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indoneisa dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 12 Taskmalaya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi informasi teks iklan serta menyimpulkan isi teks iklan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Dapatkah model pembelajaran TAI meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks iklan pada peserta didik kelas VIII-H SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Dapatkah model pembelajaran TAI meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII�H SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran TAI mampu meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks iklan pada peserta didik kelas VIII-H SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?. Model pembelajaran TAI mampu meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII-H SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perolehan data pada siklus kesatu pertemuan pertama KD 3.3 Mengidentifikasi Informasi 24 orang peserta didik (80%) yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM dan 4 orang peserta didik (20%) yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM dan KD 4.3, Menyimpulkan Isi Teks Iklan 27 orang peserta didik (90%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 3 orang peserta didik (10%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus kedua pertemuan pertama, KD 3.3, Mengidentifikasi Informasi seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3, Menyimpulkan Isi Teks Iklan seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yang di tetapkan yaitu, 75. Presentase nilai dari siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Asissted Individualization dapat meningkatkan kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Iklan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:11
Last Modified: 14 Jun 2021 07:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item