Munaratulhuda, Hilda (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas VIII SMP IT Al-Munawwar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI HILDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dalam Silabus bahasa Indonesia tahun 2016, Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP, di antaranya kompetensi dasar 3.7 mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang dibaca. dan 4.7 menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang dibaca. Pada kenyataannya di kelas VIII SMP IT Al-Munawwar Kota Tasikmalaya belum semua peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Menyikapi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan kemapuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Munawwar Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi, dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, serta seterusnya sampai tercapai kualitas maupun hasil belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama pada aspek pengetahuan yaitu mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang dibaca, sebanyak 14 peserta didik (58,3%) telah mencapai KKB dan sebanyak 10 peserta didik (41,7%) belum mampu mencapai KKB yakni standar KKB 75. Pada aspek keterampilan yaitu menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang dibaca, sebanyak 11 peserta didik (45,8%) sudah mencapai KKB dan sebanyak 13 peserta didik (54,2%) belum mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan, yaitu sebanyak 24 peserta didik (100%) telah mencapai nilai KKB. Untuk meyankinkan tentang perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran siklus kesatu dengan siklus kdua, pada tahap pengolahan data dilakukan uji normalitas data. Hasilnya menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi tidak normal, sehingga pengolahan data dilanjutkan ke uji Wilcoxon dan diperoleh hasil bahwa nilai W-hitung = 0 < W-tabel (0,01) = 61. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP IT Al-Munawwar Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 06:53 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 06:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2549 |
Actions (login required)
View Item |