FIRMANSYAH, AZIS (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (211kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (323kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (317kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (247kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (225kB)
6 DAFAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (296kB)
8 BAB 2.pdf
Download (348kB)
7 BAB 1.pdf
Download (324kB)
9 BAB 3.pdf
Download (356kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (491kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (266kB)
13 FDAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model discovery learning) dan kelas kontrol (menggunakan model problem based learning). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 48,0 dan 84,2, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 48,56, dan 80,00. Selisih peningkatan antara kedua kelas sebesar 4,2 poin. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,69 (kategori sedang) pada kelas eksperimen dan 0,61 (kategori sedang) pada kelas kontrol. Hasil peningkatan nilai eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol (selisih 8%). Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui nilai signifikansi uji nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi <0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dapat ditafsirkan bahwa posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang berarti. Artinya model pembelajaran discovery learning, efektif secara signifikan dalam pembelajaran menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:24 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:24 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2457 |
