ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS BERDASARKAN TEORI PIRIE DAN KIEREN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

SAMROTUBILLAH, NENG SHIFA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS BERDASARKAN TEORI PIRIE DAN KIEREN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3 SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRA.pdf] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRA.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8 BAB 1.pdf] Text
8 BAB 1.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 9 BAB 2.pdf] Text
9 BAB 2.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 10 BAB 3.pdf] Text
10 BAB 3.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 11 BAB 4.pdf] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[thumbnail of 12 BAB 5.pdf] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 13 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 14 LAMPIRAN.pdf] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemahaman matematis dan kesalahan
peserta didik dalam mengerjakan soal tes kemampuan pemahaman matematis pada
materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian tes kemampuan
pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrument utama dan instrument bantuan
yakni soal tes kemampuan pemahaman matematis. Sumber data dalam penelitian ini
mencakup tiga elemen yaitu tempat: MTS N 6 Tasikmalaya, pelaku: subjek penelitian
ini terdiri dari 4 peserta didik S2, S4, S14, S19 sudah melaluli semua indikator dan
mengalami beberapa kesulitan dan aktivitas: peneliti ini berfokus pada aktivitas subjek
pada saat menyelesaikan soal tes kemampuan pemahaman matematis teknik. Data hasil
penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Kemampuan pemahaman
peserta didik S2, S4, S14, S19 sudah memenuhi semua indikator Primitive Knowing,
Image Making, Image Having, Property Noticing, Formalizing, Observing, Structuring,
Inventizing dan telah memenuhi langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dan
memiliki kesalahan yang berbeda. S2 mengalami kesalahan fakta pada formalizing, S4
mengalami kesalahan fakta pada Image Having dan kesalahan oprasi formalizing, S14
mengalami kesalahan prinsip pada Property noticing, kemudian S19 mengalami
kesalahan fakta pada Image Having dan indikator formalizing.
Kata kunci: Pemahaman Matematis, Teori Pirie dan Kieren, Soal Cerita, Kesulitan
Peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:47
Last Modified: 10 Dec 2025 02:47
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item
View Item